TENTANG SI CHIMER

Monday, August 1, 2016

GERUNDELAN TENTANG BUKABUKU DOT COM


Sebenarnya sebelumnya saya hampir nggak pernah belanja online buku sebelumnya. Karena saya sebelumnya tinggal di kota yang penuh dengan toko buku dan banjir diskon. Tapi setelah saya pindah di kota tanpa Togamas dan Gramedia, saya jadi ketergantungan dengan toko buku online.

Dari sekian tokbuk online yang saya jajal, saya pesan paling banyak di Bukabuku dot com. Dalam sebulan saya menghabiskan 1 juta sekian hanya untuk belanja di Bukabuku saja. Yang artinya saya percaya dengan toko buku ini setelah pemesanan pertama. Hanya saja kepercayaan saya terhadap Bukabuku dot com tidak lebih dari sebulan. Berikut capture sejarah transaksi saya:


klik untuk memperbesar

Kemudian pada pemesanan terakhir terdapat masalah. Setelah transfer tanggal 1 juli, buku baru dikirim sebagian pada 16 Juli (2 minggu lebih). Karena saya orangnya sebenarnya selow, saya santai saja. Yang penting buku sampai sesuai dengan pesanan, saya nggak masalah kalau terlalu lama. Toh, stok buku baru saya juga masih banyak yang belum terbaca.

Tak lama ada email pemberitahuan buku masih dalam masa tunggu. Ada pilihan untuk mengubah buku. Saya iseng-iseng mencobanya, ternyata dikenakan biaya ongkir tambahan sebesar 54 ribu. Jelas merugikan bagi saya.

Saya langsung menghubungi CS via email dan meminta pesanan kembali ke awal. Agar tidak dikenakan biaya tambahan. Tapi CS-nya mungkin kepalanya minta dijedutin ke tembok apa gimana ya, jawabannya bikin emosi ala jakasembung naik ojek, ga nyambung jek. Ini saya sudah agak emosi karena saya bilang saya batal ganti buku tapi CS-nya terus menceracau soal buku Harper Lee yang sebenarnya bukan pesanan saya.


klik untuk memperbesar

Kemudian tiba-tiba dari 4 buku pesanan hanya dikirimkan 2 saja. Saya langsung protes. Mereka bilang bukunya tidak ada. Padahal tidak ada pemberitahuan apapun sebelumnya. Buku dibatalkan secara sepihak tanpa persetujuan dari saya. Singkat kata saya minta REFUND.

Sebenarnya mudah menghitung refund karena hanya tinggal menambahkan harga buku yang tidak dikirimkan ditambah deposit saldo saya yang masih tersisa di Bukabuku. Sejumlah 85ribu. Tapi oh ternyata, CS Bukabuku dengan perhitungannya yang gaje bilang bahwa akan direfund sejumlah 36ribu saja. Saya kesel pemirsa… wekawekaweka… rasanya mau nggak dibalikin juga saya nggak peduli. Saya lelah dengan Bukabuku dan memutuskan untuk nggak akan lagi pesan di sana.

 
klik untuk memperbesar

Nah, barusan saya cek mutasi rekening ternyata ada transfer refund dari Bukabuku yes. Dan transferannya beda lagi, jadi 63ribu. Itu entah dari mana perhitungannya...

klik untuk memperbesar

Saya coba iseng browsing soal Bukabuku dan pelayanannya. Ternyata bukan cuma saya seorang yang mengalami pengalaman kurang mengenakkan ini. Jadi ya salah saya kurang teliti saja dalam memilih toko buku online terpercaya. Sebenarnya kejadian ini sangat disayangkan karena saya sempat berpikir akan terus pesan dari Bukabuku. Karena saya memang sangat butuh toko buku online selama saya tinggal di kota tanpa tokobuku ini. Semoga ke depannya pelayanan Bukabuku makin membaik yes~

Kalian ada rekomendasi toko buku online yang bagus nggak?


Salam,

Annesya

8 comments:

  1. turut berduka cita mba atas kehilangan uang dna kepercayaannya..
    sedih banget pasti kalau kepercayaan di khianitii..

    hana juga sering belanja di bukabuku.com masalahnya lebih ke lama pengiriman.. dan iya bete kalau buku ngga ada...

    tokobuku online yang pernah hana coba: gramedia.com, bukukita.com :) gramedia baru coba 2 kali dan alhamdulillah puas.. bukukita.com baru coba sekali.. :)

    ReplyDelete
  2. padahal aku langganan bukabuku karena flat ongkirnya biar pesen segabrek tapi gaberasa ehhh pongi jadi gini
    sebelum bb mak pesen ke kutukutubuku

    ReplyDelete
  3. Lah itu gimane kok bs gitu? sistemnya kali yg kacau

    ReplyDelete
  4. Waah, bkin kesel banget tuh Nesy. Aku malah enggak pernah coba dari awal belanja online kecuali sama yg aku kenal. :D

    ReplyDelete
  5. buatku malah bukabuku ini paling recomend, mngkin karena blm pernah masalah sih. pelayanannya selalu tepat... situs lainnya yg aq pernah coba itu gramedia online, websitenya kurang user friendly meski pelayanannya lumayan lah,

    ReplyDelete
  6. paling enak emang beli langsung di toko sih, bisa milih sama yakin. Kalo toko buku online untung-untungan.

    ReplyDelete
  7. pernah sekali ke kutubuku. cepat ngirimnya. terakhir pesan di demabuku via instagram. cepat nyampeknya. ke maluku cuma 4 hari.

    ReplyDelete
  8. Sama mbak Anes ku pun juga pernah begitu, malah dipembelian pertama. Jd langsung stop dan pindah ke mizan.com. CSnya memang suka plinplan, awal bilang ada giliran udh ditransfer malah masuk daftar tunggu.

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower