TENTANG SI CHIMER

Friday, December 27, 2013

TUTORIAL MENULIS UNTUK PENULIS PEMULA: MEMUNCULKAN TOKOH UTAMA DALAM ADEGAN MENGGEBRAK

Berikut postingan tutorial saya yang lainnya:

Dalam kolom komentar, Inul bertanya apa yang dimaksud dengan adegan menggebrak.

Saya tidak pernah mengikuti pelatihan atau kursus menulis secara formal. Saya menulis secara otodidak jadi tutorial ini pun saya buat hanya sebagai sharing. Ini bukan formula paten ya, ini hanya formula yang saya temukan ketika berusaha menulis novel yang bisa menembus penerbitan mayor.

Memunculkan tokoh utama dengan adegan menggebrak bagi saya penting. Pembaca sebaiknya mengingat kapan tokoh utama itu muncul agar ia memperhatikan bagaimana tokoh itu kemudian menentukan plot dalam cerita.

Adegan yang menggebrak dalam FTV biasanya adegan sepeda ontel tabrakan dengan mobil mewah. Si cewek pemilik sepeda ontel marah-marah ke si cowok gedongan. I must say, itu adegan menggebrak yang cukup klise. Adegan cewek cupu yang tabrakan dengan cowok team basket dan menjatuhkan buku-buku, itu juga adegan menggebrak yang klise. Sebaiknya menghindari adegan itu ketika memunculkan tokoh utama dalam novel yang kamu tulis.

Ini sebagai contoh ya…

Di Novel Ubur-Ubur Kabur, saya mempertemukan tokoh utama Aurel dengan Daniel dalam adegan menyelamatkan seseorang yang hampir tenggelam. Cerita kemudian bergerak ketika cewek yang hampir tenggelam itu ternyata adik perempuan Daniel. Aurel tidak sengaja menyelamatkan adik perempuan si tokoh utama laki-laki. Pembaca akan mengingat bagaimana dua tokoh ini bertemu karena adegan tenggelam tersebut.

Dalam Novel Maya Maia, saya memperkenalkan sosok Jojo yang sedang mengunjungi makam ibunya dan sosok Nathan yang mandi sambil galau mikirin mantannya. Cerita bergerak ketika dua cowok dengan masalah hidup yang berbeda, bertemu dengan jodoh yang tertukar satu sama lain. Harapan saya, pembaca akan mengenal dua tokoh utama cowok karena masalah hidup mereka: Jojo yang kehilangan Ibunya dan harus membesarkan adik perempuannya ; serta Nathan yang meski tampan dan sempurna, ia belum bisa melupakan mantan kekasihnya yang menikah dengan laki-laki lain.

Dalam Novel Atran yang akan terbit Februari tahun 2014 (semoga tidak ada halangan yang berarti, amin), saya memperkenalkan tokoh Atran yang sedang menjawab pertanyaan dari psikiater. Saya menceritakan Atran yang dianggap mengalami gangguan mental oleh orang-orang di sekitarnya. Kemudian saya membawa cerita pada adegan Atran yang mencoba menghubungi tokoh utama perempuan. Ini adalah kisah tentang Long Distance Relationship dengan dibalut atmosfer mistis.

Dalam Novel X: Kenangan yang Berpulang yang akan terbit Maret tahun 2014 (semoga tidak ada halangan yang berarti, amin) saya mempertemukan dua tokoh utama dalam suasana interview kerja di mana si tokoh utama perempuan hendak melarikan diri karena begitu membenci si interviewer yang adalah mantan pacarnya tujuh tahun yang lalu.

Bagi saya yang dimaksud dengan “menghadirkan tokoh utama dalam adegan menggebrak” adalah dengan menceritakan suatu hal yang menarik dari tokoh utamanya. Entah itu melalui adegan atau pun masalah hidup mereka.

Gali hal menarik dari tokohmu. Jauhi adegan yang banyak digunakan orang. Misal: adegan bangun pagi terlambat sekolah, it’s a NO. Editor biasanya menilai kreativitas penulis dari adegan pertama pembukaan novel, Jika pembukaanmu terlalu klise, percayalah naskahmu akan langsung disingkirkan.

Saya memulai menulis novel tujuh tahun yang lalu. Hingga saat ini saya hanya berhasil melahirkan dua novel: Ubur-Ubur Kabur dan Maya Maia (beberapa masih waitinglist). Saya cukup banyak melakukan kesalahan seperti yang saya sebutkan di atas di masa lalu. Jadi saya harap kesalahan yang pernah saya lakukan di atas sebagai penulis pemula, tidak perlu dialami oleh lainnya.

Selamat mencoba, semoga berhasil. :)

 ANNESYA

3 comments:

  1. saya juga punya bahan buku yang tinggal terbit mbk tpi saya ngk punya nyali

    ReplyDelete
  2. harus banyak latihan nich agar bisa menulis dengan baik ya, terutama dalam menulis sebuah cerita, novel, drama, dkk :)

    ReplyDelete
  3. Saya berhenti menulis sejak hidup saya dekat dengan dunia ketik dan ngeprint. Jadi, otak imajiner yang saya miliki sudah lenyap entah kemana mbak nesy.,.
    Mau mulai lagi, tapi..... *lah kok malah curhat :D

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower