TENTANG SI CHIMER

Saturday, August 10, 2013

KOREAN MOVIE: DON’T CRY, MOMMY (2012)



Yoo Lim baru saja bercerai dengan suaminya dan tinggal di tempat yang baru bersama putrinya, Eun Ah. Di SMA yang baru Eun Ah menyukai seorang anak laki-laki bernama Jo Han. Namun Jo Han dan teman-temannya justru memperkosa Eun Ah dengan brutal. Yoo Lim menuntut perbuatan Jo Han dan teman-temannya di pengadilan. Sayangnya, karena kekurangan bukti dan karena mereka masih di bawah umur, Jo Han dan teman-temannya dibebaskan. Tak lama kemudin, Eun Ah membunuh dirinya sendiri dan meninggalkan pesan terakhir: DON’T CRY, MOMMY.


Film ini dibuat untuk menanggapi dan/ menyindir meningkatnya kasus pemerkosaan di bawah usia dalam beberapa tahun terakhir di Korea Selatan. Tiga puluh siswa Korea memperkosa seorang gadis, adik kelas, beramai-ramai, kemudian membunuhnya, hanya tiga dari mereka yang di penjara beberapa saat dan lainnya dibebaskan begitu saja. Sayangnya, menurut saya, sebagai fiksi, film ini melewatkan bagian-bagian yang seharusnya bisa dikemas dengan lebih baik. Plot yang monoton, serta proses editing yang kurang greget, karakter yang tidak sempurna. Eun Ah di sini kurang ditampilkan emosinya sebelum memutuskan bunuh diri. Begitu pula karakter tiga anak laki-laki yang memperkosanya. Banyak adegan dalam film ini yang tidak logis, kalau disebutkan satu-satu bisa jadi spoiled the film. Sebenarnya kesalahan dalam film ini seperti kebanyakan kesalahan pada film-film Korea sih, terlalu banyak plothole. Jadi mau masuk ke emosinya susah, keliatan fiksinya. Sayangnya, film Korea yang biasanya “megang” emosi penonton, di film ini emosinya flat. Cuma ya, tema cerita seperti ini layak sekali di-bossting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Ini adalah sebuah kritik sosial yang layak ditonton.

3 comments:

  1. Aku kira film hantu~hantu gitu...

    Happy ied, kak :)

    ReplyDelete
  2. temanya bikin merinding mbak Nes, belum nonton sih hehe

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower