TENTANG SI CHIMER

Thursday, July 4, 2013

TIPS BIKIN CERITA NOVEL GA BORING BAGI PENULIS PEMULA

Lagi iseng meriksa STATS blog dan ternyata banyak juga yang kesasar di blog ini untuk tutorial menulis novel bagi pemula. Jadi baiklah, sudah sangat lama saya tidak berbagi ilmu. Sebelumnya saya sempat membuat tutorial:

1. http://whentheheartchimes.blogspot.com/2011/11/tutorial-menulis-novel-bagi-pemula.html
2. http://whentheheartchimes.blogspot.com/2011/11/mengawali-novel-dengan-prolog.html (prolog diambil dari calon novel kedua saya)

Kali ini kita bakal ngobrolin gimana cara supaya tulisan yang kita bikin ga bikin boring pembaca:

Pertama, pilih tema yang unik. Makin unik tema kamu, makin asyik nulisnya. Lagian buat apa nulis sesuatu yang sudah sering dituliskan orang lain? What makes you different adalah nilai jualnya. Tapi kalau terlalu unik, ada harga yang harus dibayarkan, misal butuh observasi lebih untuk tema ceritanya (ambil contoh Jakarta Undercover, penulisnya benar-benar terjun di dunia malam Jakarta) dan bisa saja susah cari penerbit untuk menerbitkan. Itu pilihan hidup yah, urusan masing-masing.

Kedua, paragraf. Paragraph itu sangat penting komandan. Tulisan tanpa paragraph adalah seperti pasukan yang menyerbu lawan secara membabi buta, tanpa barisan, tanpa strategi. Kalau paragraph terasa sudah terlalu penuh, segera ganti paragraph.

Ketiga, masukkan dialog yang mengalir. Dialog ini biasanya terbentuk dari ucapan kita sehari-hari atau bacaan kita sehari-hari. Masukkan dialog yang keren namun tetap membumi. Menurut saya, dialog wah macam novel-novel terjemahan luar negeri, sudah berlalu masanya, pembaca lebih suka karakter yang membumi Indonesia raya merdeka merdeka #malahNyanyi

Keempat, jangan terlalu banyak ‘bicara’. Pembaca punya pemikiran sendiri, biarkan imajinasi mereka membentuk cerita tanpa kita (penulis) berbicara terlalu banyak. Deskripsikan setting tempat dan setting suasana secukupnya. Jika terlalu panjang nanti boring. Kecuali, bagi novel-novel science fiction yang memang membutuhkan deskripsi lengkap, karena adalah tugas penulis untuk mencipatakan ‘dunia yang tak ada’ menjadi believable. Kalau untuk novel yang setting-nya kehidupan sehari-hari mah deskripsinya biasa aja. Pernah saya menemukan novel, mau markir mobil aja pake dijelasin masuk gigi ini, persneling itu, injak rem, blah. Yaelah, bilang aja si A memarkirkan mobil di dekat pargar dengan hati-hati. Beres.

Kelima, kenali kemampuan kita dalam menuliskan sesuatu. Misal, ada penulis yang pandai membentuk karakter yang unik, dia akan menciptakan karakter yang unik yang dicintai pembacanya. Ada penulis yang jago deskipsi tempat, biasanya dia pakai setting di luar negeri begonok. Ada penulis yang kuat di plot, udah deh dia mengemas ceritanya dalam plot yang keren. Biarpun kadang cerita yang kita tulis klise, tapi kalau kita mengenali kemampuan kita, kita bisa menyampaikan sebuah cerita dengan baik. Gampangnya, sudah berapa kali sih orang yang me-remake cerita Cinderella? Tapi ternyata bisa macem-macem hasilnya.

Let`s go, baby! picture on VisualizeUs
foto pencitraan saya, from here

Sekian dari saya yang juga masih perlu banyak belajar. Niat saya berbagi ilmu sekalian promo novel kedua akyu. Ntar kalau terbit, dibeli ya #kedip2ganjen


7 comments:

  1. Kalo tau Tubannya daerah mana mbak?
    iya lama gak blogging, sibuk kuliah sama ngerjain project soalnya. hehehehe

    btw, nice tips mbak. semoga bisa bikin novel, biar karyanya gak puisi aja.

    ReplyDelete
  2. siap komandan....
    boleh deh dibeli, asal mbak Nes yang belikan ya ya ya *pasang tampang imut manis manja*

    coalx kan aku belum kelja, mbak kan udah kelja *sok cadel* *mendalami keimuatan kemanisan kemanjaan saya* :P

    ReplyDelete
  3. tips yang sangat menarik ini buat para penulis novel pemula. Saya dulu sempat kepikiran untuk menulis novel, tapi selalu bingung :D

    semoga novelnya laku keras neng :)

    ReplyDelete
  4. susah bikin novel yah, aku sendiri masih belajar dan memperbaiki tulisan blog

    *mampu menulis novel masih jauh

    ReplyDelete
  5. Gue kayaknya novelis yang jago bikin dialog, plus spesialisasi gue romance. Soalnya ada temen blogger yang bilang, gue itu master of romance... Hahaha... Malah narsis...

    Btw kelemahan gue itu, di pendeskripsian. Kalau kelebihan gue, kata salah seorang blogger lainnya, jago bikin cerita menarik dari hal sederhana.

    Btw salam kenal yah,

    Gue juga novelis, walau masih masuk waiting list penerbit buat terbitnya.... Hehehe... Semoga novel gue sama novel lu terbitnya barengan... #ApaPulaIni. :P

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower