TENTANG SI CHIMER

Sunday, July 22, 2012

DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN

cover, Penerbit Gramedia,2010

Ini tentang cerita hidup seorang gadis bernama Tania yang besar di lingkungan yang jauh dari kemapaman bersama Ibu dan adeknya, Dede. Tiga tahun lamanya mereka tinggal di rumah kardus pinggir rel kereta api. Suatu ketika seorang laki-laki, yang disebut dia, bernama Danar, mengangkat mereka dari kehidupan itu. Bagi Tania, Danar adalah malaikat.

Seiring dengan berjalannya waktu, perasaan cinta tumbuh di hatinya. Ia mencintai Danar, bukan karena rasa terima kasih dan berbagai tendensi lainnya. Ia mencintai Danar dengan tulus, sayangnya Danar (sepertinya) tak menganggapnya lebih dari seorang adik.

Tere-Liye menuliskan kisah ini dengan alur maju-mundur. Alurnya lambat karena genrenya drama. Bagi sebagian besar orang, buku ini pasti bagus. Tapi berhubung saya orang yang aneh dan tidak penting, saya tidak mampu membacanya sampai habis. Deskripsinya terkesan keras bagi saya (yang mana bagi orang skeptic seperti saya, lebih suka melakukan denial). Misalnya ketika Tere Liye mendeskripsikan Tania dari sudut pandang "Aku":

Aku tahu aku cantik. Tubuhku proporsional…

Saya dalam hati sewot: Ah ciee masa sih? Begitu ya? Seksian mana sama gue?  Jiah… capedeeee…

Kembali saya tegaskan, ini hanya masalah selera. Satu buku bisa sangat memukau bagi sebagian besar orang namun bisa jadi sebaliknya bagi sebagian kecil orang. Yang suka genre ini silahkan membaca.

Annesya

7 comments:

  1. pertamax gk sih??? hehehe

    Hmm kirain si Danar dstu baik krna ada mskudnya mbak... ternyata gk yh??? heheheh

    ReplyDelete
  2. Jiahh si kaka :D
    aku suka bgt nih ceritanya sampe ngulang 3x bacanya dan berharap difilmkan :D

    ReplyDelete
  3. ketigax aja ahh.... kelihatannya bukunya bagus tuh,,
    boleh ah baca..
    heheheheh


    Ngabuburit by blogwalking ^ ^

    ReplyDelete
  4. alur maju mundur gw bgt itu...thx referwnsinya yaaaaa

    ReplyDelete
  5. itulah cerita kdg disuka kdg tidak hehe, btw si jerry tuh ceritanya org desa jadi dia bukan gol bangsawan spt beth, so gak pake tiara hehehe, nanti klu mereka resmi menikah barulah si jerry pake mahkota raja :)

    ReplyDelete
  6. hahahaha..... selera mbak anessya aneh yaa....
    kalau aku lebih suka buku yang bergenre thriller, itu bisa disebut aneh juga gak siy.

    buku yang berkesan bagiku itu "Don't Tell Me Anything", dimana tokoh utamanya puna 4 kepribadian dan membunuh orang yang tidak ia sukai. itu bisa disebut aneh juga gak siy. xixixixixi

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower