TENTANG SI CHIMER

Wednesday, June 6, 2012

GADIS PANTAI

Gadis Pantai tumbuh besar di perkampungan nelayan Kabupaten Rembang. Karena wajahnya yang ayu, ia dipersunting seorang pembesar santri di kota. Semua orang mengelu-elukan perkawinan tersebut bahwasanya salah seorang penduduk kampung mereka menjadi Bendoro Putri (panggilan bagi kaum priyayi).

Namun yang terjadi sebenarnya tidak demikian. Seorang Bendoro tidak diakui pernikahannya jika tidak dengan sesama orang sekalangan. Gadis Pantai yang kini dipanggil Mas Nganten tak lebih dari gundik sahaya yang melayani kebutuhan seks pembesar tersebut. Dalam gedung besar yang segala kebutuhannya tercukupi dengan begitu mudah, Gadis Pantai mempelajari banyak hal tentang hidup, nasib, takdir, perbedaan antara miskin dan priyayi, sampai dengan feodalisme Jawa yang tak berhati.

cover buku
Saya menyesal karena baru kali ini saya membaca tulisan Pramoedya Ananta Toer dan saya terpesona bagaimana ia dengan lugunya masuk dalam karakter Gadis Pantai yang diciptakannya sendiri. Bagaimana kakek yang menghabiskan separuh hidupnya dalam penjara, bisa menulis dengan sebegitu keren. Dan bagaimana beliau mendeskripsikan kehidupan priyayi dengan begitu gamblang tanpa ragu.

Annesya

7 comments:

  1. itu namanya bakat alam :) dimanapun apapun kondisinya beliau bisa mencipta sesuatu yg indah (sok tau hehehe).
    btw si co itu karakter kartun ciptaanku namanya Jerry n foto ce yg di puisi itu namanya Beth, jadi dlm ilustrasi itu ceritanya si jerry lagi liat puisi ciptaan si beth :)

    ReplyDelete
  2. aku suka karya2nya dia tapi jarang beli hehee

    ReplyDelete
  3. wahhh manteb juga nih sobat :))

    ReplyDelete
  4. pramoedya ananta toer memang super
    sayang ya lanjutannya hilang
    yang paling super adalah
    kayaknya ini kisah nyata
    langsung dari neneknya mbah pramoedya sendiri

    ReplyDelete
  5. aku nyari buku yang ini, gak nemu-nemu. susaaaaaaaaah banget...

    ReplyDelete
  6. jadi pengen cepat-cepat nyelesain Larasati, biar lanjut baca yang ini :)) karyanya emang bagus-bagusss (y)

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower