TENTANG SI CHIMER

Saturday, April 7, 2012

SO REAL/ SURREAL: Ide bagus, bekal kurang

So Real/Surreal
cover buku

Nugroho Nurarifin
softcover176 pages
Published 2008 by GPU

Novel ini seharusnya bisa lebih bagus lagi kalau ditulis dengan matang. Ide bagus dengan bekal yang kurang. Itu yang saya pahami dari novel ini. Seandainya dituliskan dengan penjelasan ilmiah atau psikologis. Seandainya penulisan bisa lebih konsisten untuk membentuk setting suasana yang memadai. Yang bisa membuat pembaca merasa sedih kala cerita sedih, yang bisa membuat pembaca bahagia kala cerita bahagia. Seandainya-seandainya. Saya berharap lebih pada novel ini.

Tentang empat orang yang menjalani hidup mereka antara nyata- tak nyata. Itu idenya. Sayangnya ide tersebut tidak tersampaikan dengan baik. Sampai akhir bacaan pembaca cuma bisa ngowoh, ga ngerti apa yang sebenarnya ingin disampaikan sang penulisnya. Walaupun gaya penulisan dan penyampaian cerita bagus, sehingga bisa cepat menyelesaikan cerita ini, di akhir cerita berasa kopong. Kopong ngowong-ngowong. Ga ada twist. Sambil mikir, apa ya gunanya saya baca cerita ini?

Saya suka cerita dengan ending nggantung tapi ya bukan ending ngawang-ngawang kaya cerita ini. Ngawaaaaang ngawaaaaaang di awang awaaaaaaaang…

*memadang langit-langit kamar* *muka bego*


5 comments:

  1. ikut mengawang-ngawang di awang-awang bareng tante seksi :P

    ReplyDelete
  2. apa gunanya :o
    w-e-e, mengisi waktu =P

    ReplyDelete
  3. satu yg saya tangkap disini, membuang-buang waktu saja baca buku ini. hahahahaha

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower