TENTANG SI CHIMER

Saturday, November 5, 2011

[AUDISI NASKAH KISAH NYATA INSPIRATIF] The teacher is called the universe -Belajar dari semesta-



Pernahkah teman2 belajar dari alam semesta? Pernah tentu, meskipun alam semesta tidak mengajarkan lewat kata. Banyak sekali inspirasi yang kita dapat lewat kekhasannya yang memukau. Atas izinNya, para mahluk semesta itu ada-salah satunya- adalah untuk memberi kita pelajaran hidup. Hidup nyatanya adalah belajar. Dan guru ini. Guru kita yang satu ini bernama : semesta.

Berangkat dari pemikiran ini, saya berencana membuat buku kumpulan kisah inspiratif mengenai ilmu yang didapat dari semesta (semesta disini adalah alam semesta). Sekaligus sebagai syukuran pergantian nama 'pondok semesta' di dumay dan katalis terlahirnya taman baca 'pondok semesta' di dunyat.

Saya yakin banyak dari teman2 yang mempunyai kisah sederhana namun penuh inspirasi tentang bagaimana alam semesta mengajarkan kita. Sekedar membuat senyum diwajah, berkata dalam hati: iya juga ya, ataupun berucap dengan tegas: beginilah yang seharusnya saya lakukan. Kita akan mampu bersikap lebih baik dan jauh lebih baik. Saya mengajak teman2 untuk berbagi kisah tersebut. Mahluk semesta apapun yang sudah menjadi guru bagi teman2. Dalam kondisi apapun (bahagia, sedih, suka, duka, apapun itu).

Pilih satu (lebih juga boleh tapi harus dalam satu kisah) mahluk semesta. Contohnya: hujan, awan, bintang, angin, semut, burung, dst. Lalu ceritakan kisah hidup teman2 tentangnya. Satu penggalan episode nyata tentang hidup dengan berbagai permasalahannya lantas (atas izinNya) teman2 seolah (atau benar2) mendapat jawaban, pencerahan, juga solusi dari semesta. Adapun ketentuannya adalah sbb:
  1. Terbuka untuk umum dan segala usia
  2. Tema: the teacher is called the universe
  3. Judul bebas namun tetap mengacu pada tema
  4. Bisa menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing
  5. Naskah harus dari kisah nyata penulis, bukan orang lain, asli, bukan jiplakan atau saduran serta belum pernah dipublikasikan di media offline maupun online
  6. Gaya penulisan seperti dalam buku ‘chicken soup’
  7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya
  8. Naskah ditulis dalam bahasa yang baik, benar, dan literer (indah) dengan memperhatikan EYD
  9. Ditulis di kertas A4, spasi 1,5, font Times New Roman. size 12, margin kiri-kanan-atas-bawah 3 cm, word 2003/rtf.Panjang naskah 4-6 halaman (tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih)
  10. Sertakan dalam lampiran terpisah biodata singkat berbentuk narasi maksimal 1/2 halaman, ditulis deskriptif (berisi juga nama asli, nama pena, nama fb, alamat surat menyurat di Indonesia, email, foto dan nomor telepon)
  11. Kirim naskah dan lampiran dalam bentuk attachment (tidak terima naskah di badan email) ke: belajardarisemesta@gmail.com. cc: fadilahanum@gmail.com dengan subject: gurusemesta-judul-nama penulis
  12. Peserta wajib memposting info audisi ini. Tag fb Fadila Hanum (add dulu ya yang belum berteman http://www.facebook.com/profile.php?id=1609094621) dan tag 20 teman lainnya
  13. Batas akhir tag dan pengiriman naskah tanggal 22 November 2011 pukul 24:00 WIB (lewat dari waktu tersebut naskah dinyatakan gugur)
  14. Akan dipilih 20 naskah yang akan diikutsertakan bersama 10 naskah (kisah penyelenggara audisi dkk) untuk diajukan ke penerbit dan royalty berdasarkan kesepakatan antara penulis dan penerbit (akan dibahas setelah pengumuman)
  15. Pengumuman Insya Allah tanggal 1 Desember 2011.

Audisi ini bukan lomba. Oleh karenanya tidak ada juara satu apalagi juara sepuluh (hehe). Saya hanya mengajak teman2 berbagi. Ok? Ditunggu kisah inspiratifmu ya!

Link2 yang mungkin bisa membantu:
http://alinasitha.blogspot.com/2011/06/menulis-ala-chicken-soup.html
(terima kasih untuk pemilik blog n penulisnya^^)

Semangat menulis! Semangat berbagi!

-Pondoksemesta, 22 Oktober 2011-
Fadila Hanum
DIPOSTING ULANG OLEH:

No comments:

Post a Comment

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower