TENTANG SI CHIMER

Saturday, November 5, 2011

Audisi Naskah Antologi, ‘Sebuah Catatan Cinta dari Rantau Melayu’

DIAMBIL DARI SINI: http://www.facebook.com/notes/info-lomba-dan-peluang-menulis/audisi-naskah-antologi-sebuah-catatan-cinta-dari-rantau-melayu/285076404848590


Encik-encik dan Puan-puan, giliran rantau melayu bersuara. Sekian lama tinggal di bumi Lancang Kuning, tentunya menyisakan berbagai kesan dan perspektif masing-masing di dalam pikiran kita…ada banyak kondisi dan suasana yang terkadang menjadi tekanan batin selama kita berdiam di rantau ini. Sebut sajalah saat menghadapi musim asap, musim banjir, musim mati lampu…(Opsss..iniliah istimewanya rantau kita, ada tiga musim baru yang ditambahkan menjadi sebuah musim tahunan)…J. Mengeluh saja tidak cukup kawan, tumpahkan pengalaman berkesanmu mengenai semua itu, jangan lupa pula beri alternatif solusi…sebab pengkritik yang baik adalah pengkritik yang mencarikan solusi bukan?..:)
Ada banyak cerita pula yang tersimpan di berbagai daerah di propinsi ini, pengalamanmu menjalankan sebuah tradisi budaya di kampung, atau hal-hal apa saja yang mampu mengeksplore nilai-nilai budaya di kabupaten atau daerahmu, mari berbagi pengalaman….sebab tak semua kita tahu akan melayu…mari berbagi dengan kisah pengalaman.

Ketentuan dan syarat:
  1. Tulisan berbentuk kisah nyata, dengan sudut pandang ‘aku’. Setting di Riau dengan memilih salah satu tema di atas (bisa menceritakan tentang kritik sosial di Riau seperti berbagai kebiasaan asap, banjir, mati lampu dsb, atau juga bisa memilih subjek budaya melayu daerah yang dianggap unik dan layak untuk dipublikasikan).
  2. Panjang naskah 5 s/d 8 halaman, diketik di kertas A4 Times New Roman 12, spasi 1,5.
  3. Peserta boleh mengirimkan maksimal dua naskah, kisah boleh diambil dari kisah orang lain namun tetap menggunakan sudut pandang aku, pada akhir tulisan diberi keterangan, contoh: ‘sebagai mana diceritakan oleh Ayu kepada penulis.’
  4. Ditulis dengan gaya bahasa ringan dan mengalir (bisa inspiratif ataupun gokil), bahasa daerah boleh digunakan hanya untuk dialog. Silahkan memberi penjelasan tentang istilah atau bahasa daerah yang digunakan pada akhir catatan.
  5. Pada halaman akhir naskah, lengkapi dengan biodata narasi dan (Nama, alamat, HP,FB, Email, No rekening).
  6. Naskah tidak berisi pornografi, SARA dsb, belum pernah dipublikasikan di media apapun.
  7. Naskah dikirim ke email: suzie_chem03@yahoo.com, CC: putrymardiah@gmail.com. Dengan format subjek: Antologi melayu (nama Anda). CC WAJIB ditambahkan.
  8. Naskah paling lambat diterima pada 28 November pukul 24.00 WIB.
  9. Akan dipilih minimal 20 naskah terbaik untuk dibukukan di penerbit mayor nasional.
  10. Pengumuman naskah lolos akan diumumkan maksimal 10 hari setelah deadline.
Note: proyek ini adalah follow up dari tawaran Teh Pipit Senja


Diposting ulang oleh:

No comments:

Post a Comment

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower