TENTANG SI CHIMER

Monday, August 8, 2011

AJAIB, KUCING YANG SUKA NGOPI!

Seperti yang pernah saya tulis di SINI, entah kenapa saya merasa cepat atau lambat akan ada yang melakukan COPYCAT pada tulisan-tulisan saya. Saya yakin karena blog saya ini penuh dengan tulisan tulisan sesat keren. Maka dari awal pembuatan blog ini pada pertengahan April tahun ini – wah ga terasa sudah 4 bulanan saya bermain dengan HEARTCHIME – saya berusaha bertanya pada teman-teman sesama blogger tentang bagaimana memproteksi blog saya.

Mulanya saya menggunkana COPYSCAPE namun sadar ia tidak terlalu banyak membantu. Kemudian saya menggunakan MAXIMUS (tidak bisa klik kanan) dan ternyata tulisan saya masih bisa dicopy dengan menggunakan Ctrl-C dan Ctrl-V. Kemudian pengelanaan saya berakhir dengan cara yang diajarkan Amanda, entah namanya apa saya kurang tahu. Intinya saat ini blog saya tidak bisa diblog apalagi dicopy sama sekali (amin). Yang mau belajar makan beling memproteksi blog, kalian bisa klik post dia yang INI.

Saat ini saya memiliki 69 follower atas 104 tulisan-tulisan saya. Hum, kalau dihitung-hitung, hampir setiap hari saya menulis. Di antara sekian banyak follower yang tertarik pada blog saya, pastinya ada yang benar-benar TERLALU menyukai tulisan saya hingga merasa ingin memiliki tulisan-tulisan saya.
Ternyata usia 4 bulan HEARTCHIME tidak menutup pintu bagi para COPYCAT. Tulisan sesat keren saya tetap mampu memikat para COPYCAT. Huh…mau gimana lagi, keseksian saya memang terpancar jelas dalam tulisan-tulisan saya *ga nyambung*. Jadi saya kini tengah dalam masa kontemplasi, haruskah saya merasa sedih atau malah bangga atas tulisan-tulisan saya yang terpajang di blog orang tanpa menyertakan link apalagi meminta izin kepada saya? *dalem*

Misalnya tulisan saya yang INI dan INI (silahkan dibaca ceman ceman) dipublish ulang oleh orang lain di SINI dan di SINI. Saya ingat momen ketika saya menulis tulisan itu, pada tulisan yang pertama saya menangis sampai dada sesak sementara pada tulisan saya yang kedua... saya ngapain ya waktu itu? *ngupilsambilmelukbantal*


Akhir kata saya ucapkan selamat pada HEARTCHIME atas prestasinya menciptakan COPYCAT. Dan saya kini sedang meneruskan SIDAK atas tulisan-tulisan saya melalui PAMAN GOOGLE. Just be watch out COPYCAT!  

pict from here
cute eh? but look! this pict isn't represent the COPYCAT itself!
Dalam menulis, apa yang membuatmu tersentuh? Rangkaian kata atau perasaan yang tersampaikan melalui tulisan tersebut? Dalam membuat blog, apa yang mampu membuatmu bangga? Pecapaian diri atau pujian atas sesuatu yang bukan milikmu?

Salam nge-blog-burit ceman ceman,

25 comments:

  1. Ah, habis baca tulisan kamu yang ini, aku jadi pengen kucing goreng tepung buat buka puasa nanti *eh

    ReplyDelete
  2. Kadang saya juga suka re-post ide orang, tapi yang saya jelas-jelas bilang itu ada referensinya, gitu. Dan beberapa tulisan saya yang lebih ke formal (bukan curhat, saya juga menggunakan identitas sumber teori atau kutipan), dan semoga saja kasus penjiplakan bulat-bulat (istilah saya untuk copy paste) tidak terulang lagi, ..., untuk annes, saya (walaupun saya ya ndak pernah coba cari tahu apakah ada tulisan saya yang dibajak orang), dan para penulis blog lainnya.

    ReplyDelete
  3. wew!

    selamat datang di perkumpulan korban copycat, yang mana anggotanya terdiri dari para blogger dan penulis keren, beken dan tentu saja berbakat! (buktinya dijiplak dgn penuh napsu kaaan?)

    tertanda
    Anggota No. 007 (ya, saya emang sodaraan sama mr. bond)

    :P

    ReplyDelete
  4. ketawa baca koment Amanda. hehee.btw, itulah resiko posting tulisan di blog. makanya, saya hanya mau posting cerpen saya yg udah dipublish di majalah biar ga ada yg nyontek. kalo toh akhirnya mereka nyontek, kan malu sendiri kalo ketahuan. hehee..

    ReplyDelete
  5. yang bikin bangga klo ngeblog jelas klo tulisan kita bisa menghibur orang banyak. Tambah seneng klo tulisannya dikomen banyak orang.

    Soal copycat gua juga kadang begitu, tapi selalu mencantumkan sumber aslinya. Tulisan yang gua sukaaa banget juga gua copy. Sering sebel klo nemu blog orang yang plek-plekan ngopi dari tempat gua tanpa nyantumin sumber aslinya which is mean blog gua #grrrr

    ReplyDelete
  6. manda: sa-saya juga maaau!!!! kucing bakar oles madu. heeehe *tos dolo*

    rubiyanto: repost kan gapapa, tapi asal ada link sumbernya. itu salah satu etika menulis. kalau tanpa dicantumin sumber, itu namanya copycat. makasih ya mas...

    m enno: oh yeaaaah... *kok malah bangga?* makasih ya mbak, kekejaman dunia ada emang untuk dinikmati *absurd* XD

    ReplyDelete
  7. berarti tulisannya keren sehingga ada yg ngopy. Baru empat bulan tapi sudah banyak banget postingannya, hebat sekali jadi iri bisa produktif nulis

    ReplyDelete
  8. m fanny: huhu... iya nih... semua cerpen saya juga saya hapus dari blog.

    Lain: kalau nyamtumin sumber mah gapapa. tapi kalau diakui miliknya, itu yg bikin grrr :)

    ReplyDelete
  9. aje: amin aje. kalau sering galau, pastilah sering nulis *alasan sinkron*

    ReplyDelete
  10. Haha.. tulisan kali ini benar-benar menyentil para pelaku copy paste, sampe2 dianggap kucing, cute deh.. :D

    ReplyDelete
  11. waaah nekat bener yaa orang2 yang berani copas mentah2 kek gitu tanpa disebutkan pula sumbernya.. sabaar aja Nis.. keknya saya juga mesti pake tuh, jaga2 aja..

    ReplyDelete
  12. ahahaa sabar yaa , ckck
    tulisan nya terlalu keren itu sampe di copy . ya ampyuun

    ReplyDelete
  13. Eh, masih bisa diblok & klik kanan tu... hehe (bukan bermaksud copas, cuma mentest)

    ReplyDelete
  14. eh barusan tak tes juga pong, bisa kok klik kanan copy paste... aduh


    apakah khusus browser tertentu yg gabisa copas??? aku make chrome. cara terampuh pake gugel..

    ReplyDelete
  15. mbak annesya,, maap belum nemu juga nihh tentang "mata". Udah sempet beli buku ajarnya sihh,,tapi g mudeeeng..

    wah, sabar ya mbak soal copaste" gini, banggalah karena artinya tuisanmu oke oke!:)

    ReplyDelete
  16. Kabetulan kalau saya memang menggunakan lisensi creative commons untuk setiap tulisan saya, orang lain boleh mengcopy sebanyak-banyaknya, bisa mengedarkannya juga, asal ditulis sumbernya. Maklum, postingan saya, beberapanya adalah untuk edukasi :)

    ReplyDelete
  17. wwuhehe copycopyan harus dengan etika

    ReplyDelete
  18. saya ngeblog untuk memenuhi hasrat ingin terkenal. hahaha :D

    ReplyDelete
  19. wahh.. hebat dirimu... salut dah.. :)

    oke.. jangan lupa mampir di blogQ.. awards yang kedua tgl 23 nih... buruan kasih saran/kritik di blog gue :D

    ReplyDelete
  20. all: barusan saya ngecek... sama orangnya blognya diproteksi. hadeh, mbak itu sungguh cemen sekali. baru digertak dikit, udah kabur. ga seru ah...
    ntar kutagih di akherat saja *wuiih* *dalem*

    ReplyDelete
  21. artikel MagaHaya di kopipaste, dan jadi artikel unggulan. tapi gak ada yang komeng, soalnya komengya dah abis di magahaya!
    Ini lebih unethical..jam 10 pagi beres ngetik dan dipublish, jam 10.30 nya udah di republish di blog lain.. :'(

    ReplyDelete
  22. segitunya pengen eksis di dunia maya...
    sabar pak dokter... post saya juga jadi post unggulan di blognya dia. hadeh... padahal dia, DIANA INDRIATI (yg COPAS blog saya) sudah tua tapi ternyata sama sekali sikapnya tidak menunjukkan kedewasaan. tua umurnya thok *sambat*

    ReplyDelete
  23. tulisan bisa dicopy..sabar mbak..tp kreatifitas ga bisa di copy : )

    ReplyDelete
  24. baru baca. masalah copas blog orang ya. haha. blogku juga pernah dicopas orang, tapi kalo menurut pandanganku itu justru bagus. berarti postinganku itu dianggap cukup menarik. udah gitu doang. :p
    emang kenapa

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower