TENTANG SI CHIMER

Tuesday, July 5, 2011

BEBERAPA MENIT YANG MENGINSPIRASI

dari kiri ke kanan:
mas Amal (kakak kelas, penyiar Pro2), mira (novelis, Az Zukhruf), saya, Frandy (perwakilan Indonesia dalam sidang simulasi PBB) 

Hari ini, tanggal 5 Juli 2011, saya diundang ke salah satu radio lokal di Surabaya untuk mengisi salah satu program inspirasi kreatif anak muda Surabaya, RRI, 95.2.

Pukul 2 siang hari ketika saya sedang berada di kampus, teman saya yang juga novelis, Mira, mengirim pesan singkat berisi pemberitahuan bahwa kakak kelas kami yang bekerja di Radio RRI, Pro2, mengundang kami untuk mengisi program tersebut bersama beberapa anak muda lainnya yang berprestasi dan berdomisili di Surabaya. Acara rekamannya jam 4 sore dan saya datang ke radio tanpa persiapan apapun. Saya bahkan tidak membawa novel saya.


Saya memang masih sangat baru dan menjadi sangat kikuk. Tapi teman-teman lainnya sangat menyenangkan dan akhirnya saya bisa mengisi program tersebut dengan baik berkat bantuan-bantuan mas-mas dan juga teman-teman semua.


”Hallo, nama saya Devania Annesya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, mengambil jurusan Ilmu Hubungan Internasional, UNAIR Surabaya. Kuliah saya mungkin sangat disibukkan dengan tugas-tugas menulis jurnal hubungan internasional tapi itu bukan berarti saya akan membiarkan kreativitas saya terkungkung. Sebaliknya imajinasi saya meliar, hidup, berkembang dan akhirnya menjadi nyata. Yup, saya berhasil menelurkan sebuah novel pop bergenre comedy-romance yang berjudul UBUR-UBUR KABUR yang telah diterbitkan oleh Sheila, imprint Penerbit Andi, Yogyakarta di awal tahun 2011. Novel ini juga pernah diresensi di Jawa Pos pada bulan Februari dan mendapat apresiasi yang cukup memuaskan untuk ukuran novel perdana. So, sahabat kreatif, why don’t you try to explore your creativity? Make it real and life! Kamu boleh sibuk, kamu boleh ga populer, dekil, jelek, ga oke, ga asyik, tapi kenapa ga mencoba something new, something challenging, and something worth to share to the world? Satu yang pasti, dengan tulisan, jejak hidupmu akan abadi! Keep spirit!”


Itu adalah pernyataan saya pada rekaman radio yang akan terus-menerus diputar di sela-sela program radio RRI Surabaya selama 2 minggu ke depan dan akan diulang-ulang pada akhir tahun 2011.

Ini bisa terhitung sebagai promosi novel perdana saya melalui radio. Namun saya melihat dari sisi yang lain, saya ingin menit-menit yang saya sisihkan untuk merekam suara saya di sana menjadi menit-menit yang menginspirasi anak-anak muda lainnya untuk berkreativitas melalui tulisan. Karena seperti yang saya selalu percayai, yang terlisan mungkin bisa menghilang namun yang tertulis akan abadi. Tulisan adalah bukti jejak hidupmu, kawan. Keep spirit!


Saya sampaikan juga terima kasih pada mas Amal, Mira, Frandy dan mas-mas radio (lupa namanya -__-). Tanpa kalian, kegiatan hari ini ga bakal oke. *big smile*

5 comments:

  1. that's great! :)
    sukses buat Anda, Nona :)'

    ReplyDelete
  2. samani: terima kasih... sukses juga buat mas samani :)

    andaka: ayo, anak muda, segera disusul ya dengan karyamu. amin!

    ReplyDelete
  3. mantap deuh mbak annnesss, sepuluh jempoll d(_ _)b

    ReplyDelete
  4. lia: uhm... lia jg hebat, punya jempol banyak bgt. :D

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower